Selasa, 14 Juni 2011

Tujuh Jemaat

Tujuh Jemaat
Wahyu 1:4a  Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil:

Kitab Wahyu yang ditulis oleh Yohanes, dan ditujukan kepada tujuh jemaat yang ada di propinsi Asia Kecil pada saat itu. Ketujuh jemaat ini dipilih dengan seksama untuk mewakili bukan saja karakteristik dari jemaat yang ada pada abad pertama Masehi, tetapi juga karakteristik jemaat – jemaat yang ada pada saat sekarang ini.
Angka tujuh adalah merupakan lambang kelengkapan dan kesempurnaan. Tujuh jemaat ini dipilih Tuhan untuk menandakan tinjauan lengkap Tuhan mengenai jemaat, tahap demi tahap, dari awal sampai akhir dunia ini.
Ada banyak jemaat di propinsi Asia Kecil pada pada saat Yohanes menulis surat ini. Tetapi Tuhan memilih ketujuh jemaat ini yaitu, Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia dan Laodikia karena mereka mewakili kondisi jemat-jemaat yang telah ada dan berjalan selama sejarah gereja, sejak awal sampai akhir.
Tuhan dalam mengilhami surat-surat ini, bukan saja Dia memikirkan saat dimana surat-surat ini ditulis, tetapi mengenai berabad-abad sejarah yang akan datang, Itulah sebabnya surat-surat ini terus hidup dan bernapas dan menghidupi jemaat-jemaat yang ada dizaman kita sekarang ini, seperti di waktu-waktu sebelumnya.
Dengan kata lain, ada tujuh jemaat yang mendasar dalam kurun waktu mana saja dalam sejarah jemaat. Setiap jemaat yang pernah ada dan yang sudah ada sekarang ini dapat mengisi salah satu dari ketujuh model jemaat ini pada suatu periode tertentu dalam sejarahnya. Dapat saja satu jemaat ada pada model yang satu disaat tertentu, tetapi pada saat yang lain  ada pada model yang lain. Perubahan apapun pada suatu jemaat bisa ditemukan pada ketujuh model ini.
Surat ini juga ditujukan kepada ketujuh model jemaat yang ada sekarang ini dengan harapan dapat mengetahui dan memahami isi dari surat ini dan menyadari pada posisi model yang mana jemaat ini berada dan perubahan-perubahan apa yang harus dilakukan untuk menjadi model jemaat yang Tuhan kehendaki.
Haleluyah.